Senin, 10 Juni 2013

Akhirnya UKT di Unand Makan Korban -_-


Seiring dengan keluarnya hasil pra pendaftaran  Mahasiswa Baru (MABA) di UNAND 2013, melahirkan polemik baru bagi MABA tersebut. Permasalahan yang  selama ini kita takutkan akhirnya makan Korban juga. Permasalahan tersebut adalah Uang Kuliah Tunggal atau yang lebih akrab didengar dengan UKT.  
Menurut Rektor Universitas Andalas, Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA (29/5/2013) menjelaskan UKT merupakan total biaya yang diperlukan untuk menghasilkan seorang sarjana (selama 8 semester) atau tenaga ahli pada program Diploma 3 (selama 6 semester) pada suatu program studi yang dirata-ratakan persemester tanpa adanya pengutan lain selain jumlah pembayaran seperti uang praktikum dan lain sebagainya. Tujuan Mulia UKT memberikan kemudahan dan kepastian pembiayaan uang kuliah  bagi mahasiswa sesuai dengan kemampuan orang tua.
Namun pada tahap pelaksanaan, Akhirnya UKT di UNAND Makan Korban, UKT ternodai dengan tidak sesuainya Biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh MABA dengan kemampuan orang tuanya. Mahasiswa yang seharusnya berada pada level 1 atau 2 berada pada level 4 dan 5. Ini menjadi permasalahan yang harus segera diselesaikan Terhitung mulai 9 Juni 2013 BEM-KM UNAND segera membuat TIM khusus untuk menampung segala pengaduan dan keluhan MABA tersebut. Sudah 58 Laporan Kasus mengenai permasalahan ini. “Permasalahan ini harus segera diselesaikan, kalau tidak kita Tuntut Rektor” celetuk Presiden Mahasiswa Vicky Maldini.
            Memang tidak ada lagi ada kata yang bisa diungkapkan selain “Segera selesaikan masalah ini !!!” ketakutan Mahasiswa dengan ketidaksiapan Universitas dengan penerapan UKT sangat wajar. Mari kita kawal bersama penerapan UKT di UNAND, jangan sampai ada mahasiswa yang merasa dirugikan dengan hal buruk ini dan kita semua berharap Rektor Universitas Andalas dan Pimpinan lainnya dapat menjaga komitmen dengan ucapan mereka bahwa “Tidak ada mahasiswa Miskin yang tidak dapat Berkuliah Di UNAND dan tidak ada mahasiswa UNAND yang tidak berkuliah hanya karena permasalahan dana

Salam Cinta.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar